ALIBABA GROUP

Hallo gaesssss kali ini aku mau ngasih info tentang Alibaba group nih

Siapa sih yang ga kenal Alibaba Group. Alibaba merupakan perusahaan Internet terbesar di China. Alibaba Group ini di dirikan oleh Jack Ma. Tau ga , Jack Ma itu orang terkaya di China dan orang ke dua terkaya di Asia menurut  Bloomberg Billionaires Index, namun siapa sangka dulu Jack Ma hanyalah guru miskin di China.

Yuks kupas lebih lanjut tentang Alibaba group….

Alibaba Group adalah perusahaan e-commerce B2B (Business to Business) karena perusahaan ini menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Pemiliknya yaitu Jack Ma, ia  berasal dari Hangzhou (sebuah kota di China dengan 2.4 juta penduduk). Kota ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan pertaniannya yang subur. Jack Ma lahir pada tahun 1964 dan orang tuanya bekerja sebagai pingtan performer. Jack Ma kecil sering berkelahi dengan temannya karena dia sering di ejek soal ukuran tubuhnya.
Pada usia 12 tahun Jack Ma belajar bahasa Inggris sendiri. Selama 8 tahun ia naik sepeda selama 40 menit ke sebuah hotel di dekat distrik west lake hangzhou, agar bisa bertemu turis asing dan belajar bahasa inggris pada turis tersebut.
Pada tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika, untuk bekerja sebagai penerjemah, pada kunjungan pertamanya ke Amerika. Teman Jack Ma memperkenalkannya dengan dunia Internet. Temannya berkata bahwa intenet bisa menemukan informasi apapun, namun ketika Jack Ma menelusuri kata China di Internet dia tidak menemukan informasi apapun.
Saat kembali ke China Jack Ma memutuskan untuk membuat direktori bisnis online yaitu China Pages, namun China Pages tidak semulus yang di bayangkan, dan akhirnya pada tahun 1999 Jack Ma mengumpulkan 18 orang di apartemennya di Hangzhou untuk menyampaikan visinya untuk mendirikan e-commerce yang bernama Alibaba.
Jack Ma menamakan E-commercenya Alibaba bukan tanpa alasan, suatu hari ketika Jack Ma berada di kedai kopi yang berada di San Fransisco dan di situlah dia menemukan ide nama Alibaba. Ia berkata ke peramusaji kedai kopi tersebut, "apakah kamu tahu tentang Alibaba?" dan pramusaji itu menjawab "Ya" Jack Ma kembali bertanya "apa yang kamu ketahi tentang Alibaba?" pramusaji itu pun menjawab "Alibaba dan 40 pencuri" dari situlah Jack Ma mengambil nama Alibaba dan Jack Ma bertanya pada semua orang di kedai kopi itu, dan semunya tahu tentang Alibaba. Jack Ma mengambil nama Alibaba karena nama itu banyak di ketahui orang, karena Alibaba merupakan salah satu tokoh dari dongeng, jadi semua orang tau tentang Alibaba, seperti yang kita tahu alibaba adalah tokoh yang mencerminkan seorang entrepreneur yang baik hati, cerdas, dan suka membantu orang yang tidak mampu.
Belakangan ini ranah bisnis dan teknologi diramaikan dengan IPO (Initial Public Offering) atau penjualan saham ke public. Alibaba merupakan IPO terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Nilai IPO yang diperkirakan mencapai USD 25 miliar (sekitar Rp 300,1 triliun) ini bahkan mengalahkan IPO Facebook pada tahun 2012 silam, yang sebesar USD 16 miliar (sekitar Rp 192,1 triliun).

Kelebihan dari Alibaba:
1.     Situs Alibaba ini tergabung dalam tiga grup (Inggris, China, Jepang) dengan basis pelanggan yang cukup luas untuk meningkatkan jumlah informasi.
2.    Informasi pada situs Alibaba semakin lebih menyeluruh.
3.    Jumlah anggota yang sangat besar, sehingga meningkatkan visibilitas, membangun merek mencakup inforasi Alibaba yang berkembang, dan menarik minat bisnis.
4.    Memberikan jaminan bertransaksi online yang aman.

Kelemahan dari Alibaba Group:
1.     Kelemahan utamanya adalah perusahaan ini memiliki tingkat teknologi yang lebih rendah. Bisnis lain di pasar yang sama memiliki situs e-commerce yang lebih kompleks dan menarik, dan ini merupakan kerugian bagi perusahaan.
2.    Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara efek dari pelanggan positif dan pelanggan negatif.
3.    Belum memaksimalkan upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan merek dengan meningatkan upaya periklanan dan memasuki pasar yang belum tersentuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reuben Elishama, Si Macho yang Bertato

PROPOSAL USAHA BUDIDAYA IKAN MUJAIR

Potensi Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan