Cara Budidaya Tanaman Kopi Rebusta

Cara Budidaya Tanaman Kopi Rebusta

Cara Budidaya Tanaman Kopi Rebusta
Tanaman Kopi Rebusta
Tanaman kopi robusta merupakan kopi terbaik saat ini yang withering banyak di gemari pencinta kopi di seluruh dunia.Banyak jenis kopi yang saat ini beredar,namun tidak semua kopi mampu memberikan kenikmatan tersendiri bagi pencintanya. 

Jenis tanaman kopi rubusta withering mudah untuk kita budidayakan baik di pekarangan rumah,perkebunan bahkan dalam pot sekalipun,sebab tanaman ini tidak membutuhkan beberapa Bahan yang di rasa cukup menyulitkan para petani,Maka ddari itu,untuk zaman sekarang ini,banyak petani yang beralih untuk membudiyakan jenis Kopi rebusta. 

1. Lahan Yang cocok untuk Menanam Kopi robusta. 

Lahan yang akan di gunakan untuk menanam kopi robusta tentunya akan menentukan kualitas kopi serta reprouksi yang akan di hasilkan.semakin tepat lahan yang di pilih,maka hasil ahir yang akan di dapat tentunya juga akan memuaskan. 

Hal inilah yang perlu di pertimbangkan bagi anda yang ingin memulai budiddaya kopi robusta.Daerah di perbukitan akan lebih bagus jika kita gunakan untuk menanam kopi robusta.Ph tanah yang withering bagus berkisar antara 4-6 yang bisa di sesuaikan dengan pemberian pupuk Organik untuk menyesuaikan kualitas tanah agar cocok untuk menanam kopi robusta. 

Sebaiknya di daerah tempat budidaya kopi rebusta di berikan pohon peneduh bisa berupa pohon sengon yang memiliki pertumbuhan lebih cepat.se;ain itu,daun dari pohon peneduh tersebut juga bisa di gunakan sebagai pupuk alami yang mampu memberikan unsur hara yang bagus untuk kebutuhan Tanaman kopi robusta. 

2. Suhu Withering Bagus Untuk Menanam Kopi Robusta

Suhu yang tepat juga akan membuat tanaman kopi tumbuh dengan sempurna.Suhu yang withering tepat adalah berkisar antara 23-35 cc .Maka dari itu,untuk menyesuaikan suhu di daerah sekitar tanaman pohon kopi robusta,maka perlu di siapkan pohon pelindung seperti pohon sengon,lamtoro dll. 

Akan lebih bagus dan tepat jika tanaman kopi robusta di budidayakan di derah dataran rendah dengan kapasitas hujan 2500 mm for each tahun.daerah tropis serta lembab juga bagus untuk kita tanami kopi robusta.selain itu,tanaman kopi juga membutuhkan berbagai jenis pupuk organik sebagai penyeimbang unsur hara dan sangat bagus jika kita budidayakan di bawah perlindungan pohon lain misal dibawah pohon segon. 

3. Memilih Bibit Kopi Robusta Berkualitas Super 

Keberhasilan dalam budidaya kopi rebusta akan di pengaruhi oleh bibit yang akan kita gunakan.Bibit yang bagus serta berkualitas,tentunya juga akan menghasilkan buah yang berlimpah.Begitu juga sebaliknya,pemilihan bibit yang jelek,hasil yang akan di peroleh nantinya kurang memuaskan. 

Kita bisa melakukan pembibitan sendiri atau bisa juga membeli bibit dari pembudidaya yang telah teruji kualitasnya.akan lebih bagus,jika bibit kopi tersebut bersertifikat dari dinas pertanian setempat.hal ini untuk memastikan,Jika bibit yang akan kita beli benar berasal dari bibit berkualitas unggul. 

Cara pembibitan kopi robusta bisa di lakukan dengan berbagai banyak cara,salah satunya dengan cara penyemaian dari biji,stek batang dan cangkok.Namun yang withering bagus dan cepat membuahkan hasil,jika pembibitan kopi robusta di hasilkan dengan cara cangkok. 

Selain hasil bibit lebih bagus,Ia akan lebih cepat berbuah jika kita bandingkan dengan cara pembibitan yang tergolong lebih banyak memerlukan banyak waktu dan tenaga.selain itu,proses perawatan kopi jika dari bibit tergolong lebih sulit dan memerlukan ketelitian dan kesabaran. 

4. Cara Menanam Bibit Kopi Robusta 

Setelah semua bahan yang di perlukan telah kita siapkan,seperti lahan,bibit kopi yang berkualitas unggul dan bahan lain yang mungkin akan di butuhkan,seperti pupuk. 

Jika bibit yang di gunakan berasal dari semai biji yang berasal dari Polybag,maka sebelum di tanam,buang plastik pembungkus,pangkas batang daun jika ada bibit yang memiliki batang daun banyak.Sisakan saja 2-3 batang daun supaya untuk memudahkan penguapan dan bibit cepat tumbuh,kususunya di bagian akar. 

Buat Lubang yang telah kita sesuaikan dengan ukuran polybag,misal 1 meter kali satu meter untuk setiap lubang,jangan lupa,sebelum Bibit di tanam sebaiknya taburi lubang menggunakan pupuk kompos selama kurang lebih 2 bulan.biarkan saya lubang terbuka. 

Satu Bulan sebelum bibit kita tanam,lubang galian tersebut kita taburi dengan belerang dan kapur dengan dosis 150 Gram for each lubang untuk masing-masing belerang dan kapur dolomite.selanjutnya,setengah bulan sebelum bibit kopi robusta kita tanam,berikan pupuk kompos ke dalam lubang galian yang akan kita gunakan,lalu biarkan saja hingga bibit siap untuk kita tanam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reuben Elishama, Si Macho yang Bertato

PROPOSAL USAHA BUDIDAYA IKAN MUJAIR

Potensi Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan