Cara Dan Compositions Pengolahan Biji Tanaman Kopi Menjadi Serbuk Kopi

Cara Dan Compositions Pengolahan Biji Tanaman Kopi Menjadi Serbuk Kopi 

Cara Dan Compositions Pengolahan Biji Tanaman Kopi Menjadi Serbuk Kopi
Biji Tanaman Kopi
Terdapat serangkaian compositions pengolahan yang cukup panjang untuk mengubah buah kopi menjadi serbuk kopi yang siap diseduh. Compositions tersebut meliputi pemetikan buah, penyortiran buah, pengupasan kulit, penjemuran biji, dan penggilingan biji kopi. Setiap compositions harus dikerjakan dengan benar agar kualitas kopi tetap dapat dipertahankan. 

Tahap 1 : Pemanenan Buah Kopi 

Tanaman kopi umumnya menghasilkan buah yang siap dipanen pada akhir musim kemarau. Ciri-ciri buah yang telah matang yaitu kulitnya berwarna merah, bertekstur agak empuk, dan mengeluarkan fragrance khas yang semerbak. Pemanenan dilakukan secara manual dengan memetik buah-buah kopi yang telah matang. Setiap hari selalu ada buah kopi yang matang sehingga pemanenan ini dikerjakan secara berulang-ulang dan rutin. Baca juga panduan pemanenan buah kopi. 

Tahap 2 : Penyortiran Buah Kopi 

Namanya juga manusia, meskipun sudah berhati-hati dalam memetik buah kopi pasti ada saja buah kopi mentah atau setengah matang yang ikut terbawa. Buah-buah kopi yang belum matang sempurna ini memiliki kualitas yang rendah. Sehingga Anda perlu memisahkannya dari buah kopi matang yang bernilai lebih tinggi. 

Tahap 3 : Penjemuran Buah Kopi 

Buah kopi yang sudah disortir selanjutnya dijemur selama 2-3 hari. Tujuannya untuk mengeringkan buah tersebut sehingga kulitnya mudah dikupas. Pengeringan ini juga dimaksudkan untuk mengumpulkan buah-buah kopi sampai jumlahnya cukup banyak sehingga compositions berikutnya bisa berjalan lebih efisien. 

Tahap 4 : Pengupasan Kulit Kopi 

Pengupasan kulit kopi bisa dilakukan dengan metode tradisional dan present day. Pengupasan secara tradisional menggunakan alu dan lumpang. Buah kopi ditumbuk sedemikian rupa sampai kulit ari dan cangkangnya terkelupas sendiri. Sedangkan untuk pengupasan secara current, Anda dapat memanfaatkan mesin pengupas kopi yang dijual di Toko Alat Perabotan. Cara pemakaiannya sangat mudah, ada yang bisa berjalan otomatis memakai listrik dan diputar menggunakan tangan. 

Tahap 5 : Penjemuran Biji Kopi 

Selesai dipisahkan dari kulit dan cangkangnya, biji kopi lantas dijemur di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Compositions ini dilakukan sampai kandungan air di dalam biji kopi tersisa tinggal 30-35 persen. 

Tahap 6 : Pemanggangan Biji Kopi 

Pemanggangan biji kopi dapat meningkatkan citarasa dari kopi itu sendiri. Biji kopi yang telah dipanggang mengalami perubahan pada warnanya yang lebih gelap dan aromanya lebih kuat. Pemanggangan secara present day menggunakan broiler, sementara untuk versi tradisionalnya dengan menyangan (menggoreng tanpa minyak) biji-biji kopi tersebut. 

Tahap 7 : Penggilingan Biji Kopi 

Biji kopi yang telah matang selanjutnya digiling menjadi serbuk kopi. Compositions penggilingan ini juga bisa dilakukan baik secara tradisional maupun present day. Orang-orang pada zaman dulu biasanya menumbuk biji kopi untuk menghaluskannya. Namun berkat kemajuan teknologi, sekarang sudah tersedia mesin penggiling biji kopi. Setelah serbuk kopi terkumpul, bubuk tersebut siap untuk diseduh menjadi secangkir minuman kopi yang mantap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reuben Elishama, Si Macho yang Bertato

PROPOSAL USAHA BUDIDAYA IKAN MUJAIR

Potensi Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan